Liputan6.com, Bantul: Angin kencang melanda Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis. Angin yang datang hanya 10 menit bersamaan dengan turunnya hujan lebat cukup membuat kerusakan yang ditimbulkan dahsyat. Sebuah pendopo di Desa Kalirandu roboh hingga rata dengan tanah. Sedikitnya 10 anak yang berteduh di pendopo selamat.

Puluhan pohon juga tumbang dan menimpa belasan rumah. Sejumlah rumah lain atapnya berterbangan terbawa angin. Sementara di Desa Ringinharjo, sebuah kandang ayam roboh. Akibatnya, ribuan ekor ayam mati. Berhektar-hektare tanaman padi di dekat kandang itu, juga rusak akibat dilanda angin kencang.

Di Pangedlang, Banten, tanggul pemecah ombak sepanjang 200 meter di Desa Teluk, Kecamatan Labuan hancur akibat diterjang gelombang. Padahal, tanggul yang dibangun dua tahun lalu ini, sangat vital untuk melindungi rumah warga dari terjangan gelombang. Akibat jebolnya tanggul, rumah-rumah kemasukan air laut.

Jebolnya tanggul juga mengakibatkan jalan setapak tergerus air sehingga sulit dilalui. Akibatnya, warga harus memutar arah melalui jalan yang lebih jauh

0 comments