Zadhab Atau Gila

Posted by admin | 4:52 PM | | 0 comments »

Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Al An'aam : 18

Zadhab Adalah Proses dimana manusia mengalami kegilaan berlebihan terhadap Allah. Mereka adalah manusia yang belajar tentang bagaimana Allah bekerja / berkehendak dan mengatur seluruh alam, sehingga ketika keinginannya sudah lebur terhadap kehendak Allah, maka yang ada dalam pikirannya hanyalah Allah, Di sekelilingnya tidak tampak makhluk lain, kecuali hanya Allah yang berkehendak.

Dalam artian dimana setiap kejadian adalah maksud Allah terhadap hamba-Nya, Langkah ini berbahaya dan membahayakan karena apabila tidak ada Guru yang Mursyid yang berpedoman pada Al Quran dan Hadits maka hamba ini akan keluar dari semua aturan yang telah ditetapkan Allah untuk manusia. karena semuanya adalah benar dan tidak bisa membedakan antara jalan yang menuju rahmat dan ampunan dengan jalan yang menuju kesesatan dan kehancuran.

Selain itu tanpa ada bimbingan hamba ini akan gampang terpengaruh syaitan, dimana semakin tinggi tingkat keimanannya maka semakin tinggi juga peluang Syaitan menjerumuskannya, bahkan bisa menyebabkan kesesatan dan menyesatkan orang lain, jika mereka yang diajak berbicara tidak sefaham.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang  terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,  yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring  dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata:

"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.  Ali 'Imran : 190 - 191


Wallahu A'lam

0 comments