Pada dasarnya dunia ini ibarat fatamorgana datang dan pergi begitu saja dan hanya berupa kesenangan yang menipu dan palsu, karena itu janganlah percaya kepada dunia dan terpikat sepenuh hati kepada dunia, telaah dan perhatikanlah keadaannya temukan juga kekurangannya dan engkau akan menemukan bahwa dunia ini hanya kesenangan yang sebentar saja , didalamnya terdapat tempat untuk memuaskan segala keinginan dan segala yang menyenangkan nafsu belaka (al ayat).


Apabila sang hamba (manusia yang ingin kembali kepada Nya) telah mau secara sadar mengabdikan dirinya kepada Allaah dan menghadapkan wajahnya hanya kepada Allaah, dengan menggantikan kejahilan dengan ilmu dan rasa jauh dengan rasa dekat, rasa tertutup dengan keterbukaan dan menggantikan kegelapan dengan cahaya yang terang benderang. ganjaran yang seperti ini hanya didapat dan ditemukan jika kita dengan dengan Allaah, karena itu perbaikilah agar supaya diri kita diberikan karunia yang utama. 

Jika kita masih tidur dan terlena dengan kesenangan dan kemewahan dunia ini , bangunlah.... , karena kelak dihari kebangkitan kita tidak akan lagi diberikan kesempatan, kita tidak akan mempunyai waktu lagi untuk meminta waktu tambahan , tidak ada penolong selain amal ibadah kita selama kita berada didunia ini. 

Kita semua pasti akan mati , apa yang kita usahakan hari ini dan kita bangga-banggakan akan lenyap , isteri - isteri dan anak anak serta harta benda , karabat , rekan , handai taulan dan tetangga, kebun halaman dan rumah yang megah tak sedikitpun akan membantu kita. Bukalah mata batin mu , bukalah sekarang juga , lihatlah apa yang ada dihadapan , pasukan telah siap siaga dan dalam perjalanan menghukum mu dan akan menghancurkan serta menyiksa siapa saja tanpa belas kasihan. kita akan diletakkan ditanah , diluluh lantakkan dan ditinggalkan didalam kubur bersama malaikat zabaniyyah. 

Malaikat Penyiksa maupun Malaikat Rahmat , masing - masing akan menjalankan tugasnya sesuai dengan takaran amal yang telah kita lakukan, Malaikat Penyiksa akan memberikan hukuman sesuai dengan tugasnya tanpa belas kasihan , Malaikat Rahmat akan mengasihani siapapun tanpa berlebihan. mereka telah mengetahui tugasnya masing - masing dan tidak akan memberatkan atau meringankan melainkan sesuai dengan apa yang sudah ditentukan sebagai balasan apa yang kita kerjakan. 

Sadarkanlah dirimu , jangan sampai terlambat , ingatlah ...... , waktunya akan tiba ...!

0 comments